I Made Kresna Wiratma, seorang mahasiswa yang berprestasi dari Program Studi Urologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM), meraih juara kedua dalam Scientific Competition Urooncology yang diadakan di Jakarta. Dalam kompetisi bergengsi ini, Kresna mempersembahkan karya ilmiahnya yang berjudul “Characteristics of Incidental Prostate Cancer: How Does Transurethral Resection of the Prostate Impact the Subsequent Radical Prostatectomy and When Is the Best Time to Perform It? A Systematic Review and Meta-Analysis.” Penelitian ini membahas karakteristik kanker prostat yang ditemukan secara insidental dan bagaimana prosedur Transurethral Resection of the Prostate (TURP) mempengaruhi operasi prostat radikal berikutnya serta menentukan waktu terbaik untuk melakukan prosedur tersebut.
Keberhasilan Kresna dalam kompetisi ini menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi dan dukungan akademik yang kuat dari Urologi FKKMK UGM. Penelitian yang dilakukannya tidak hanya memberikan wawasan baru mengenai manajemen kanker prostat, tetapi juga menunjukkan kemampuannya dalam melakukan analisis yang mendalam melalui metode systematic review dan meta-analisis. Prestasi ini sejalan dengan upaya FKKMK UGM untuk memberikan pendidikan berkualitas yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, melakukan penelitian yang signifikan, dan berkontribusi pada peningkatan praktik medis. Capaian ini mencerminkan komitmen institusi tersebut dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDG 4) dalam bidang quality education.
Penghargaan yang diraih oleh Kresna tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya dan institusi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan melakukan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat. Keberhasilan ini juga menegaskan peran penting pendidikan berkualitas dalam memajukan ilmu pengetahuan dan kesehatan masyarakat. Dengan dedikasi dan komitmen untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan, UGM dan mahasiswanya, seperti Kresna, terus berkontribusi dalam mencapai tujuan pendidikan berkelanjutan yang inklusif dan merata sesuai dengan target SDG 4.